Senin, 30 Oktober 2017

HIDUP SEHAT

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA
Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara "Hidup Sehat".Tentu kalian sudah tau sehat itu ga gampang ya kan,maka dari itu mulailah hidup dengan teratur supaya kita terhindar dari serangan penyakit.
Lansung saja kita bahas dengan seksama cara "Hidup Sehat"
Banyak sekali orang yang tidak mementingkan setelah mereka makan makanan yang terlalu berlebihan.Begitupun dengan saya sendiri pernah sangkin enaknya makanan sampai lupa sama tubuh kita sendiri.
Makanan adalah sumber energi bagi mahkluk hidup,Tetapi makanan juga dapat menjadi racun pada tubuh kita apabila kita tidak dapat menjaga kualitas dan porsi makanan.Segala penyakit akan mudah datang apabiala kita terus menerus tidak memperhatikan pola makan kita.Banyak resiko dari hal tersebut contohnya seperti :
KEGEMUKAN
Kegemukan umumnya disebabkan oleh diri kita sendiri yang tidak mampu untuk mengontrol nafsu makan diri.Makanan yang dikonsumsi sudah lebih dari cukup,akhirnya zat-zat yang terkandung dalam makanan tidak mampu di manfaatkan secara maksimal oleh tubuh,dan malah menumpuk menjadi lemak.
Nah tentunya temen temen sekalian harus menerapkan makanan 4 Sehat 5 Sempurna.Sejak kecil kita di ajari di sekolah istilah makanan 4 Sehat 5Sempurna yang menjelaskan kandungan gizi ideal manusia.Makanan 4 Sehat terdiri dari nasi,lauk pauk,sayur-sayuran dan buah-buahan 5 Sempurnanya adalah susu.Nasi merupakan karbohidrat,lauk pauk sebagai protein,sayuran mineral dan buah-buahan sebagai vitamin.



Add caption

1 Makanan pokok sehat
Makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 Sehat 5 Sempurna,berikut contohnya :
➤Nasi
➤Jagung
➤Sagu
➤Singkong,kentang atau umbi-umbian
➤Gandum

2 Lauk pauk (Sehat)
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna selanjutnya adalah lauk pauk,contoh lauk pauk :
➤Daging : Ayam,sapi,kambing,ikan,dan bebek
➤Telur
➤Tahu tempe

3 Sayur-sayuran (Sehat)
Sayur-sayuran merupakan makanan sehat yang cukup penting kita perhatikan untuk mencegah berbagai penyakit.Contoh :
➤Kangkung,sawi,lobak,kacang panjang,tomat,bayam,brokoli
➤Kol, dan ubi,wrtel,dan sebagainya.


4 Buah-buahan
Buah juga sangat penting dikonsumsi karena banyak mengandung banyak  vitamin.Dari sekian banyak buah,be3berapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi,diantaranya adalah :
➤Apel, karena mengandung banyak serat,vitamin C, dan atioksidan lain.
➤Jeruk, yang tinggi akan kandungan vitamin C.
➤Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
➤Pisang, sebagai salah satu kalium.


5 Kenali berbagai jenis makanan yang perlu dihindari
Selain untuk mengonsumsi makanan sehat,anda juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dihindari  karena dapat memicu gangguan kesehatan.

Pertama hindari makanan minuman yang terlalu banyak mengandung gula. Apabila sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan dapat mengakibatkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian hindari makanan cepat saji atun junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi memiliki sedikit nilai nutrisinya. Selain itu makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan.

Hindari juga minuman atau makanan yang tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja.



RUMAH TUA